PROSEDUR TES KAPAL PESIAR DI BIDANG PEKERJAAN PERHOTELAN.

>> Senin, 05 Desember 2011




Berikut ini akan saya paparkan bagaimana proses persiapan hingga proses tes serta tips-tips penting agar bias lolos ke kapal pesiar khususnya dibidang pekerjaan Bartender/ Bar boy / Bar utility / Bar waiter. Tentunya anda berpendidikan minimal DI/DII/DII perhotelan dengan pengalaman minimal 6 bulan di Restoran/Bar/Hotel yg bertaraf pelayanan Internasional (international service). Dan termasuk pengalaman training dengan bukti sertificate.

Dalam persiapan utama yang paling penting adalah anda mempunyai kemampuan dalam bahasa Inggris secara aktif. Jika tidak, jangan coba-coba saya yakin dan percaya maka dalam waktu 5 detik anda akan di usir dari ruang interview!, maka persiapkanlah bahasa inggris anda dengan baik. Oce!

Factor penting kedua adalah Finansial (duit), walaupun ada beberapa agen Tidak meminta biaya penempatan (placement fees), akan tetapi uang tentu akan selalu dibutuhkan, jika kamu tidak berdomisili di Jakarta maka tentunya kamu butuh dana untuk biaya hidup sehari-hari di Jakarta, kost, transportasi, kmelangkapi dokumen dan berkas-berkas, dll. Ingat tak ada yang gratis di dunia ini. He..

Faktor kesehatan, dalam hal ini setidaknya anda mengetahui/merasa bahwa anda benar-benar sehat, baik rohani maupun jasmani. Karena banyak pelamar gagal akibat factor penyakit menular seeperti: HIV, TB, Hepatitis, dan penyakit menular lainnya.

Terkadang, beberapa kapal pesiar juga menentukan standar tinggi badan.  Umumnya untuk Pria sekitar 163cm, Wanita 160cm. (tergantung kebijakan manajemen).

II. PERSIAPAN BERKASJika anda baru selesai melaksanakan study / baru lulus yakni min DI/II/III,IV Pariwisata, dan berdomisili di luar Jakarta dan berniat langsung mengikuti tes kapal pesiar, kamu tidak usah terlalu banyak mempersiapkan document seperti BST, CCM, SCRB, Passport, Seaman Book, dll. Karena jika kamu tidak lulus, dan tidak naik selamanya, maka kamu akan rugi biaya karena telah mengurus semua documen tersebut.

Namun jika kamu ingin mempersiapkannya terlebih dahulu semua document tersebut, sah-sah saja, bagusnya kamu tak perlu lagi repot-repot mengurusnya di Jakarta, akan tetapi resikonya jika kamu tidak lulus selamanya, maka kamu rugi dana dalam pengurusannya. Jadi pilihlah mana yg terbaik menurut anda. 

Adapun berkas sederhana yang perlu dilengkapi antara lain:

Surat lamaran kerja (bisa diketik komputer)
C.V. (curriculum vitae) / biodata
Foto copy akta kelahiran
Foto copy ijazah terakhir
Foto copy transkrip nilai
Foto copy sertifikat pengalaman kerja/training
Foto copy KTP yang masih berlaku
Pas photo ukuran 4x6 = 2 lembar, berwarna, latar belakang biru langit, baju putih dasi hitam, tidak berjenggot/kumis, tidak ber-tindik/anting, rambut pendek(tdk gondrong)
Amplop coklat sebagai pembungkusnya
tuliskan nama agen yang melakukan perekrutan.

 Tips:
-Jika kamu berdomisili diluar Jakarta, baiknya tidak usah mengurus SKCK di kota/daerah domisilimu, karena SKCK (police clearances) yang diminta umumnya SKCK keluaran domisili Jakarta. Syarat mendapatkan SKCK Jakarta yakni harus memiliki KTP & KK (kartu keluarga)/ family card daerah Jakarta. Dan biasanya biaya pembuatan KTP&KK yakni sebesar Rp. 300.000.

-Untuk kelengkapan document seperti BST, CCM, SCRB, PASSPORT, SEAMAN BOOK, dll, biasanya diwajibkan melengkapi apabila semua tes telah dianggap lulus. Umumnya setelah menyelasaikan Medical Check-up.

III. PERSIAPAN INTERVIEW

Sesuai dengan pengalaman pribadi saya, dan latar belakang pendidikan saya adalah Perhotelan, khususnya menjurus ke F&B Service & saya sangat senang dengan pelajaran Bar/minuman, serta didukung pengalaman Training di Hard rock Hotel Bali&pengalaman kerja sebagai Asst Opr. Manager di salah satu pub, maka saya memutuskan melamar sebagai seorang bartender di kapal pesiar. Dalam hal ini pihak pe-rekrut tentunya menanyakan banyak hal yang berkaitan dengan bidang pekerjaan dan pengetahuan minuman. Berikut beberapa hal yang perlu kamu pelajari/persiapan yang harus dilakukan antara lain:

1.  Pelajari prosedur Bar opening/preparation & cara membersihkan bar yang standar dengan menggunakan standar “three bucket system” yaitu menggunakan wet towel with soap/any chemical, dry towel & Dry towel with sanitizing, sebelum menata minuman/displaying.

2. Pahami tentang penggolongan minuman terutama merek-merek minuman serta termasu jenis apa minuman tersebut (brandy, liquor, liqueurs, vodka, gin, rum, dll), bias dilihat detailnya disini

3.Pahami tentang pengetahuan famous international cocktail, seperti Manhattan, Margarita, Bloody marry, long island, dll (pahami gelas yang digunakan, garniture, ingredients/tak perlu sampe ukuran OZ-nya). Selengkapnya click disini

4.Pahami jenis-jenis gelas, dan fungsinya. Dua jenis gelas yakni gelas berkaki (steamed glass) & Gelas tak berkaki (Un-steamed  glass), ketahuilah yang mana saja gelas yang termasuk kedua penggolongan tersebut.

5.  Pelajari tentang prosedur closing the bar,  yakni tetap menggunakan “three bucket system” yaitu: membersihkan dengan 3 towel, lap basah dengan sabun, lap kering untk mengeringkan, dan lap kering dengan chemical anti kuman. (kebalikan dari no. 1).

IV. PROSES TES  


Tahap I Interview Dengan Puhak HRD/Staf Perekrut Dari Agen
dalam tes ini biasanya menanyakan tentang data diri/perkenalan
tentang diri kamu, keluarga, alamat, pendidikan, intinya lebih mengarah ke riwayat hidup kamu dan harus dalam bahasa Inggris. Terkadang juga menanyakan tentang pengetahuan/knowledge bidang pekerjaan yangg kamu pilih. Akan tetapi biasanya hanya sedikit saj. Dan ketika kamu ditanyain "can you speaking english??" jangan sekali-skali menjawab "yes I can, but just a little" atau " litle-litle" kamu harus jawab "YES I CAN!" jika kamu jawab litle-litle maka biasanya kamu akan di usir dr ruang interview dalam waktu 5 detik!, & disuruh kursus dahulu. Maka persiapkanlah dirimu.

Tahap II (jika lolos tahap I) Tes dengan Generel Manager/Direktur Agen.Awalnya disini biasanya  memperkenalkan diri, tentang pekerjaan/knowledge secara mendetail, dan biasanya makin banyak pengalaman kamu, maka pertanyaan juga makin banyak. Intinya jangan gugup, agar apa yang telah kamu pelajari/ingat tidak hilang/blank!
Tips penting!
a. pegang map lamaran kamu di tangan kiri dan letakkan di dada.
b. ketuk pintu dengan tangan kanan pada saat masuk ruang interview
c. beri salam sambil tersenyum&lebih bagus jika kamu sapa dengan 
    namanya. Misal "good
    morning Mr. Lorenz.. & jangan duduk jika belum dipersilahkan.
d. ketika dipersilakan duduk, ucapkan terima kasih sumbari
    menyerahkan map lamaran
    kamu dengan tangan kanan, lalu duduk.
e. Jawab semua pertanyaan dengan tenang, tersenyum, jelas & dapat
    dimengrti.
f.  jika semua interview sudah selsai&kamu dipersilahkan bertanya 
    balik, maka tanyakanlah
   apa yg ingin kamu tanyakan, misal: asuransi, jam kerja, mengetahui
   llus atau tidaknya,dan baiknya jangan buru-buru menanyakan
   masalah gaji.
g. Ingat selalu tersenyum, karena kamu adalah orang hospitaliti.

Tahap III (jika lulus tahap II). USER TES.
Tahap ini kamu akan dipertemukan dengan User/pihak pemilik/orang manajemen kapal. Interview ini biasa paling lama atau terkadang paling sebentar (tergantung user), menanyakan banyak hal tentang latar belakang kehidupan kamu, keluarga, mengapa ingin kerja di kapal, serta menanyakan knowledge sesuai dengan pekerjaan yg kamu apply. Maka kamu harus extra hati-hati dalam menjawabnya, jika perlu bersikaplah rendah hati, agar dia prihatin sama kamu.

Tahap IV (jika lulus tahap III). Medical Check UpMediicak check-up (tes kesehatan), dalam hal ini kesehatan yang paling rawan adalah untuk penyakit menular seperti HIV, TB, dan penyakit menular lainnya. prosesnya antara lain:
1. Tes darah dilakukan 2 x, biasanya sebelum kita medical terlebih
    dahulu puasa selama 12 jam. Darah pertama diambil pada saat kita
    masih berpuasa, lalu 2-3 jam kemudian diambil ulang di bagian jari
    untuk mngetahui kadar gula tubuh kita.
2. Tes Mata (rabun, katarak, minus)
3. Tes pendengaran/telinga.
4. Tes kotoran & urine
5. Tes tensi & tekanan darah
6. Tes liur/air ludah
7. Threadmeal Tes (jantung), dengan cara jalan-jalan cepat-berlari
    dengan durasi sekitar 25 menit. 

Jika tes medical selesai dan hasilnya OK.biasanya hasil medical akan diserahkan langsung ke agen pe-rekrut oleh rumah sakit tempat kamu melakukan medical. Ini berarti proses selanjutnya adalah menunggu untuk panggilan interview visa&waiting list. Akan tetapi jika agen/perusahaan mewajibkan training, maka kamu sudah siap untuk training.

Namun sesuai pengalaman saya, karena saya bebas training, maka sumbari saya menunggu interview visa saya melengkapi beberapa kewajiban documen-documen yang dianjurkan perusahaan seperti :
1. CCM (crowed&crisis management)
2. BST (basic safety training)
3. Seaman Book / buku pelaut
4. SKCK & KTP (domisili Jakarta)
5. Yellow Fever (vaksin anti penyakit kuning)
(di halaman berikut akan saya rincikan harga dari masing-masing documen tersebut diatas)

Usahakan semua document-document kamu asli  agar kamu aman dalam perjalanan, apa lagi perjalanan / keberangkatan kamu nanti melewati singapore.
Untuk mengetahui ke-aslian seperti BST, CCM, kamu bisa cek disini

Picture

RINCIAN BIAYA PENGURUSAN DOCUMEN (PER DESEMBER 2008).
  1. CCM                                        Rp. 1.000.000
  2. BST                                          Rp. 1.000.000
  3. PASSPORT                              Rp.    450.000
  4. Visa U.S.                                 Rp. 1.300.000
  5. Visa Eropa/jerman                Rp.    900.000
  6. Medical Check up                 Rp. 1.000.000
  7. Seaman Book                         Rp.    300.000
  8. Yellow Fever                          Rp.    400.000
  9. Sign On+Visa+Kontrak          Rp. 2.000.000
  10. Biaya training (jika ada)       Rp. 5.000.000
                                                 ____________ +
Total                                          Rp. 13.350.000       
.
Nb:Biaya diatas belum termasuk biaya transportasi, kost, makan, dll dan yang saya contohkan ini adalah perusahaan yg tidak meminta biaya penempatan (palcement fee/charge). Jadi termasuk murah. Akan tetapi agen/perusahaan meminta charge maka kamu tinggal tambahkan total biaya diatas dengan charge yang diminta (berbeda tiap-tiap agen).

Contoh diatas adalah perusahaan yang mana kapalnya menggunakan 2 visa kerja, biasanya untuk kapal dengan rute US-EUROPE. Tetapi jika perusahaan hanya meminta 1 visa berarti kamu cukup urus 1 visa saja.

Tips aman: untuk perusahaan yang meminta Charge/placement fee, harap berhati-hati. Jangan pernah mau membayar sebelum semuanya pasti, seperti LG (letter of guaranty), Tiket pesawat untuk berangkat, dll. Jika perlu kamu bayar charge-nya pada saat kamu sudah berada di airport dan siap berangkat. Dan banyak kasus penipuan terjadi karena memang dilakukan oleh krebat sendiri, teman dekat, ataupun orang yang sangat kamu percayai. ya, walaupun tidak semuanya. akan tetapi waspadalah..! waspadalah..! he..

0 komentar:

Posting Komentar

About This Blog

Blog ini berisi pengetahuan tentang pariwisata dan industrinya seperti hotel dan usaha perjalanan pariwisata. Sebagian di sadur pada website berita online terkemuka

  © Blogger template Simple n' Sweet by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP